Jumat, 02 September 2016

DESKRIPSI
KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA

KODE:072
BIDANG STUDI KEAHLIAN:TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN:TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN:MULTIMEDIA











1. DEFINISI
Kompetensi Keahlian Multimedia adalah salah satu kompetensi keahlian di sekolah menengah kejuruan (SMK)  yang mendidik para siswanya  untuk menjadi tenaga muda ahli di bidang multimedia. Multimedia merupakan kombinasi teks, seni,animasi, gambar dengan dilengkapi audio video yang di komunikasikan /disampaikan baik melalui computer atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lain(Vaughan, 2006).

2.TUJUAN
Tujuan kompetensi keahlian multimedia adalah membekali para siswanya  dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
  1. mengoperasikan perangkat lunak  dan peralatan digital illustration, digital imaging, dan web design
  2. mengoperasikan perangkat lunak  dan peralatan multimedia, presentation, 2D animation, dan  3D animation
  3. mengoperasikan perangkat lunak  dan peralatan  digital audiodigital video, dan  visual effects

3. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

 3. 1.   KOMPETENSI UMUM
  1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja.
  2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya.
  3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggungjawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya.
  4. Berpartisipasi dalam menegakkan aturan-aturan sosial.
  5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global.
  6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif dan inovatif.
  7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
  8. Menunjukkan kemampuan budaya belajar untuk pemberdayaan diri.
  9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
  10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah komplek.
  11. Menunujukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial.
  12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggungjawab.
  13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya.
  15. Mengapresiasikan karya seni dan budaya.
  16. Menghasilkan karya kreatif baik individual maupun kelompok.
  17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani serta kebersihan lingkungan.
  18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun.
  19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
 3.2 KOMPETENSI KHUSUS (SPEKTRUM KURIKULUM SMK 2009)

1. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN (DKK)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Merakit Personal Computer
  1. Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
  2. Melakukan instalasi komponen PC
  3. Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer
  4. Mengatur komponen PC menggunakan software(melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi).
  5. Menyambung periferal menggunakan Software
  6. Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasanganperiferal.
2. Melakukan instalasi sistem operasi dasar
  1. Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
  2. Melaksanakan instalasi software sesuaiInstallation Manual
  3. Mengecek hasil instalasi menggunakan software(sampling)
  4. Melakukan troubleshooting.
3. Menerapkan Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja (K3) dan Lingkungan Hidup
  1. Mengikuti Prosedur Lingkungan Kerja tentang Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan.
  2. Keadaan Darurat.
  3. Memelihara Standar Keamanan Pribadi.
  4. Menyediakan Umpan balik pada Kesehatan, keselamatan dan Keamanan..

2. KOMPETENSI KEJURUAN  (KK)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami etimologi multimedia
  1. Mendeskripsikan tentang multimedia
  2. Menjelaskan multimedia content production
  3. Menjelaskan multimedia communication.
2. Memahami alir proses produksi produk multimedia
  1. Menjelaskan proses pre production multimedia
  2. Menjelaskan proses production multimedia
  3. Menjelaskan proses post productionmultimedia.
3. Merawat peralatan multimedia
  1. Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia
  2. Melakukan perawatan peralatan multimedia
  3. Membuat kartu perawatan peralatan multimedia.
4. Mengelola isi halaman web
  1. Memeriksa informasi untuk relevansi dancurrency
  2. Memeriksa links dan navigasi
  3. Mengedit informasi sesuai kebutuhan
  4. Menguji dan memastikan perubahan perubahan.
5. Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
  1. Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video
  2. Mengoperasikan kamera video
  3. Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar
  4. Mengoperasikan kamera
  5. Menata kabel-kabel kamera
  6. Mengoperasikan clapper board.
6. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
  1. Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
  2. Membuat sketsa
  3. Menggambar perspektif
  4. Menggambar objek
  5. Menggambar ilustrasi.
7. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
  1. Menjelaskan syarat animasi
  2. Membuat gambar kunci
  3. Mengatur dan melengkapi gambar kunci.
8. Menguasai cara menggambarclean-up dan sisip
  1. Mendeskripsikan gambar yang asli
  2. Membuat gambar-gambar asli
  3. Mendeskripsikan gambar tiga dimensi
  4. Membuat gambar tiga dimensi.
9. Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
  1. Mendeskripsikan syarat-syarat animasi
  2. Membuat model warna dan tempat warna.
10. Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
  1. Menggunakan software teks multimedia
  2. Mendesain teks multimedia.
11. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
  1. Mengedit gambar digital
  2. Menggunakan software grafik multimedia 2D
  3. Menciptakan design grafik Multimedia 2D
  4. Menampilkan karya seni digital 2D.
12. Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia
  1. Menggunakan kamera digital
  2. Menggabungkan foto digital kedalam rangkaian Multimedia
  3. Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D.
13. Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
  1. Menjabarkan format audio digital
  2. Menggunakan software audio digital
  3. Merancang audio digital
  4. Membangun track audio digital.
14. Membuat story board aplikasi multimedia
  1. Mengidentifikasi kebutuhan
  2. Merencanakan alur isi story board
  3. Medeskripsikan proses pelaksanaan dalamstory board.
15. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya.
  1. Menjelaskan dasar tata cahaya
  2. Menjelaskan efek cahaya
  3. Menyiapkan operasi lighting
16. Menerapkan efek khusus pada objek produksi
  1. Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus
  2. Menginstallasi software efek khusus
  3. Membuat efek khusus pada obyek.
17. Menyusun proposal penawaran
  1. Menganalisa syarat-syarat proyek
  2. Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
  3. Membuat rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada
  4. Membuat proposal
  5. Membuat pengajuan permohonan tende

3.3  KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR  ( KURIKULUM SMK 2013)
Untuk Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum SMK dapat dilihat / diunduh disini (format PDF)

4. RUANG LINGKUP PEKERJAAN
No.
Dunia usaha/industri
Lingkup pekerjaan
1.
Pengembang Web(Web Development)
  • Pembuat web
  • Pemelihara web
2.
Pengembang Multimedia(Multimedia Development)
  • Pembuat multimedia
  • Pemelihara multimedia
3.
Rumah Produksi Sinema/Film(Production House)
  • Pembuat video klip
  • Penyunting video
4.
Industri Media dan Periklanan(Media and Advertisement)
  • Pembuat animasi
  • Pembuat media informasi
5.
Teknisi Komputer(Computer Maintenance)
  • Pemelihara Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar