Jumat, 30 September 2016

unbk

berubah, kini peralatan sudah semakin canggih. Termasuk dalam pelaksanaan Ujian Nasional. Sekarang ujian sudah tidak lagi menggunakan kertas. Melainkan menggunakan perangkat komputer, si robot canggih pendamping manusia. Ujian ini dikenal dengan istilah UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) atau kalau dalam Bahasa Inggris disebut CBT (Computer Bassed Test)
Tata Cara Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer
Sekilas jika dilihat dari perangkat yang digunakan, yaitu komputer. Memang ujian ini terkesan sulit, apalagi bagi yang masih awam dengan komputer. Dalam diri kita mungkin juga sudah mulai membayangkan tentang prosesnya yang rumit. Untuk menjawab soalnya saja sudah sangat memusingkan, apalagi ditambah menggunakan perangkat komputer yang belum kita ketahui tata caranya.
Namun seharusnya kita tidak memikirkan hal tersebut. Karena memang ujian ini tidaklah serumit yang kita bayangkan. Biasanya sekolah-sekolah yang akan menjalankan ujian berbasis komputer ini akan mengadakan simulasinya terlebih dahulu sehingga peserta tidak kebingungan dalam pelaksanaannya nanti. Seperti disekolahan saya tadi pagi, sembari memanfaatkan waktu luang. Kami calon peserta unas diberi pelatihan mengenaitata cara melaksanakan ujian berbasis komputer.
Dan untuk berbagi kepada pengunjung semuanya, kali ini akan saya sampaikan mengenailangkah-langkahnya dengan singkat dan semoga bisa dipahami pengunjung semuanya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Peserta akan dipersilahkan masuk ruangan, kemudian duduk sesuai meja yang sudah ditentukan
  2. Setelah semua peserta masuk, maka pengawas akan memberikan sebuah kertas. Di dalam kertas tersebut terdapat nama peserta, username dan password untuk login mengerjakan soalnya. Semua peserta memperoleh username dan password yang sama
  3. Setelah login, maka saat itu juga ujian sudah dimulai. Kita akan berhadapan dengan soal-soal ujian dengan tingkat nasional.
    Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer
    Disampin kanan atas layar adalah batas waktu mengerjakan, yaitu 120 menit atau 2 jam. Dibawahnya terdapat tulisan dengan background merah yaitu daftar soal, gunanya untuk melihat nomor soal yang telah kita kerjakan, soal yang sudah kita kerjakan akan berwarna hitam. Di sebelah kiri terdapat 3 huruf A, mulai kecil hingga sedang. Itu berguna untuk membesarkan atau mengecilkan ukuran tulisan soal. Paling bawah terdapat kata soal sebelumnya, ragu-ragu dan soal berikutnya. Tentunya kalian sudah tau dari ketiganya. Untuk yang ragu-ragu apabila kita centang, gunanya adalah jika nanti selesai mengerjakan, maka akan muncul pemberitahuan kalau masih ada jawaban dari kita yang ragu-ragu dan jika dilihat pada daftar soal disebelah kanan tadi, yang ragu-ragu akan diberi tanda warna kuning.
  4. Setelah selesai mengerjakan, maka kata soal berikutnya akan berubah menjadi selesai. Klik aja jika memang sudah selesai. Setelah diklik akan muncul perhatian seperti ini
    Selesai Mengerjakan Ujian Nasional Berbasis Komputer
    Disitu terdapat pemberitahuan yang harus kita centang disebelahnya. Kurang lebih pemberitahuan itu intinya kalau kita klik selesai, maka soal sudah tidak dapat diulangi lagi dan jawaban tidak dapat diganti. Jika sudah mantap dengan jawaban kita, maka segera klik kata selesai.
  5. Setelah klik kata selesai, kita otomatis akan log out. Layar komputer akan menampilkan sign in lagi. Dan proses selanjutnya ada pada pengawas. Setelah semua peserta selesai. Pengawas akan mengupload hasil jawaban para peserta dan peserta langsung dapat mengetahui nilainya masing-masing. Tergantung juga pada guru pengawas apakah akan memberitahu kita atau tidak.
Dengan demikian selesai sudah ujian nasional yang kita lakukan. Kita akan dipersilahkan untuk keluar ruangan ujian oleh pengawas.
Nah, itu tadi Tata Cara Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (CBT) yang dapat saya bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua sehingga kita lebih siap dalam menghadapi ujian nasional nanti. Tetap belajar dan pantang menyerah. Sekian dari saya, dan terimakasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar