Jumat, 30 September 2016

Prosedur Mengerjakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Ujian Nasional Berbasis Kertas (Paper Based Test)

Untuk mengerjakan Ujian Nasional dengan sistem PBT, siswa menyiapkan alat tulis lalu menerima lembar soal dan lembar jawab sebagai media untuk mengerjakan soal – soal yang diberikan. Jawaban siswa nantinya akan dikirim ke Dinas Pendidikan untuk diproses menulu langkah selanjutnya agar nilai siswa keluar.
Distribusi soal dari percetakan ke sekolah – sekolah membutuhkan transportasi dan pengamanan yang lebih ketat. Yang pada akhirnya menjadikan cost pelaksanaan ujian nasional menjadi banyak, mulai dari pengadaan kertas, pencetakan, distribusi hingga pengamanan soal sendiri.
Itu pun masih tidak bisa menjamin kerahasiaan soal 100%. Terbukti dengan masih sering kita dengar berita beredarnya kunci jawaban Ujian Nasional.

Pengerjaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Dalam UNBK 2016 siswa hanya perlu untuk belajar, mempersiapkan diri dan mental sekuat hati. Datang dan memasuki ruang ujian tanpa perlu repot – repot membawa alat tulis. Paling maksimal membawa bolpoint nanti dibuat untuk menghitung saat soal yang dihadapi berkaitan dengan perhitungan.
Selebihnya tinggal klik pilihan ganda yang ada di layar (yang tampil melalui Exam Browser) saat mengerjakan.
UNBK sangat efisien, karena dalam distribusi dan pembuatan soalnya tidak diperlukan cost yang sebegitu mahalnya dibanding paper based test.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar