Jumat, 09 September 2016

 kegunaan tripod 

gambar dari tripod dan sedikit isi dari tripod

Hasil gambar untuk bagian bagian tripod dan fungsinya

  1. penjelasan
      Jika Anda serius dengan bidang fotografi, maka sebaiknya terus tambah gear yang diperlukan. Setelah membeli kamera, lensa dan seperangkat alat bawaannya, maka tentukan apa lagi yang akan Anda beli. Dan kami menyarankan Anda untuk membeli tripod. Ya, tripod adalah salah satu perangkat penting dalam dunia fotografi, dan sering disebut dengan istilah kaki tiga. Tripod sendiri merupakan alat yang berfungsi sebagai stand penyangga dan penahan kamera. Mungkin jika Anda menonton pertandingan sepakbola ada banyak fotografer di pinggir lapangan yang meletakan kameranya pada tripod dan monopod. Lalu yang menjadi pertanyaan, untuk apa tripod? Bukankah masih ada tangan yang mampu menahan kamera? Alhasil apakah tripod sebuah hiasan saja untuk terlihat keren atau memang fungsinya spesifik? Berikut ulasan selengkapnya:

    - Penyangga kamera

    Fungsi utama dan pertama tripod adalah sebagai penyangga kamera. Bisa saja tangan Anda lelah, tangan Anda merasa capek karena kamera DSLR adalah perangkat besar ketimbang kamera poket. Dengan tripod Anda bisa meletakan kamera dan tetap memotret tanpa harus menahan beban. Apalagi bila Anda menggunakan lensa tele yang panjang ditambah komponen flash yang semakin membuat kamera menjadi berat. Jadi inilah fungsi pertama dari tripod.

    - Menahan goncangan

    Kira-kira apakah tangan Anda bisa benar-benar tenang? Sepertinya di kondisi tertentu bisa, namun ada kondisi dimana Anda sulit untuk tenang. Efeknya bisa terjadi goncangan dan hasil foto menjadi kabur akibat goncangan tersebut. Kamera memiliki keterbatasan dimana saat terjadi goncangan gambar kurang stabil, kecuali menggunakan kecepatan rana sangat tinggi.

    - Membuat foto kreatif

    Apa pernah mencoba memotret jalanan di malam hari dengan kecepatan rana rendah? Yang dihasilkan adalah light trails. Nah, foto demikian dapat bagus karena kestabilan kamera. Dengan penahan tripod memungkinkan gambar tetap stabil atau tidak blur meskipun jejak benda bergerak akhirnya tidak dapat tertangkap dengan jelas. Disitulah foto kreatif dihasilkan. Jadi bukan sekedar untuk penahan saja, tripod memungkinkan Anda untuk dapat lebih kreatif dalam memotret.

    - Memotret landscape

    Sama seperti diatas, tripod bisa juga untuk memotret landscape terutama jika objeknya adalah air bergerak seperti air terjun, pantai, sungai dan lain-lain. Selain dapat untuk menentukan komposisi lebih mudah tripod menjadi penahan kamera dari goncangan saat memotret landscape dengan kecepatan rana rendah.

    - Penyangga flash

    Jika Anda sedang melakukan pemotretan dengan beberapa flash, sedangkan light stand tidak mencukupi. Segera gunakan tripod Anda untuk penyangganya. Ya, flash bisa dipasangkan dengan ‘kaki bebek’ kemudian bagian bawah ‘kaki bebek’ memiliki trap yang sesuai dengan tripod. Terutama fungsi demikian cocok digunakan untuk sesi foto strobist. Bahkan dapat juga dipasangkan dengan receiver trigger dan reflector lainnya.

    - Memotret diri

    Selfie dengan DSLR mungkin susah yah? Selain bentuknya besar, pegangannya juga terlalu sulit. Nah, fungsikan tripod sebagai penahan kamera saat Anda sedang ingin selfie atau foto grup bersama teman-teman. Nantinya Anda bisa meletakan kamera pada tripod dan aturlah timer yang pas. Atau bisa lebih canggih bila menggunakan remote IR Shutter seperti selfie dengan smartphone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar